Tips Internet –  Internet untuk saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Tsunami informasi bahkan bisa terjadi kalau kita tak pandai mengelola internet dengan baik. Karena hanya dengan sentuhan jari, kita sudah bisa berselancar hingga ke ujung dunia. Tak perlu datang jauh-jauh untuk mengetahui indahnya bunga sakura dan detil informasinya hingga ke Jepang sana. Cukup membuka layar, sambungkan dengan internet, masukkan kata yang diinginkan untuk dicari tahu, maka tak perlu waktu lama, kita sudah mendapatkan informsi detil tentang bunga sakura.

Tak hanya orang dewasa yang mampu berselancar bebas di dunia maya, anak-anak sekarang pun terbiasa akan paparan internet. Lihat saja ke lingkungan sekitar kita, anak usia batita yang notabene belum bisa membaca, sudah bisa mencari tontonan atau memilih tombol-tombol dalam layar gawai. Layar datar itu seolah sudah lama bersahabat dengan mereka. Sehingga bukan hal aneh dan sulit lagi bagi mereka untuk berinteraksi dengan gawai. Namun amankah anak-anak seusia mereka untuk diberikan gawai? Bagaimanakah caranya mengajarkan anak untuk berinternet sehat sejak awal?

Tips internet sehat untuk anak

Tak bisa dipungkiri bahwa anak-anak sekarang sejak lahir pun sudah dikenalkan dan akhirnya tahu akan teknologi. Bahkan sebelum mereka lahir, kedua orang tuanya sudah mengabadikan proses sebelum kelahiran hingga proses kelahiran sang buah hati. Begitu anak tumbuh dan berkembang, melihat dan mengamati aktfitas yang dilakukan orang tua dan orang di sekitarnya pun tak lepas dari teknologi. Akhirnya saat anak mulai rewel, tak jarang orang tua menyodorkan gawainya untuk membuat anak diam sementara orang tua beraktifitas sendiri.

Alh-alih memberikan anak gawai tanpa pengawasan, mengapa tak kita coba tips berikut ini, agar anak tahu dan faham akan internet sehat.
1. Dampingi anak saat bermain gadget/internet
Memberikan pendampingan saat anak berinternet ataau saat menggunakan gawai adalah hal yang harus dilakukan oleh kita, orang tua. Orang tua bisa meliha bakat dan minat anak dari situs yang sering dikunjungi anak saat bermain gadget.
2. Buat kesepakatan penggunaan gawai dan internet
Saat anak sudah bisa ajak berkomunikasi dua arah, beri pemahaman akan kesepakatan sederhana terkait pemakaian gawai dan internet. Misalnya, dalam satu hari hanya boleh bermain game berapa jam.
3. Jadikan aktifitas bermain game online yang mendidik bersama ayah atau bunda juga bisa menjadi pilihan beraktifitas dengan anak-anak. Sekarang banyak sekali permainan game online yang mendidik untuk anak-anak.
4. Letakkan PC yang ada di rumah di ruang belajar atau ruang keluarga. Yang layarnya menghadap ke arah kita untuk mampu mengawasi apa yang sedang dibuka oleh anggota keluarga.
5. Manfaatkan parental control
Saat ini banyak sekal aplikasi yang bisa digunakan orang tua untuk mencegah situs-situs yang negatif dan tak layak dikonsumsi oleh anak-anak. Baca juga Tips Menghasilkan uang dari Blog.

Konsisten dan bekerja samalah dengan pasangan saat kita menerapkan internet sehat di lingkungan anak. Karena sebagus apapun aturan yang dibuat selama kita tak konsisten melakukannya, hasilnya bisa jauh dari harapan. Karena tak ada anak yang salah, yang ada adalah kita, orang dewasa yang tidak mengenalkan dan memberikan pemahaman bagaimana melakukan sesuatu yang baik dan benar.

 

foto pexels

 

(Visited 7 times, 1 visits today)