Tips Ibu Digital –  Perubahan teknologi dari masa ke masa terasa makin cepat. Kalau kita tidak berusaha belajar dan mengimbanginya, tentu akan tergerus oleh zaman. Mungkin kita bisa tengok sejenak ke belakang saat kita harus berjalan atau naik kendaraan umum saat ingin membeli sesuatu.

Dimana barang itu hanya dijual oleh toko tersebut yang letaknya lumayan jauh dari tempat tinggal kita. Energi, biaya dan waktu banyak terkuras saat kita harus pergi melangkah hanya untuk mendapatkan satu barang kebutuhan. Belum lagi bila para ibu rumah tangga yang memiliki anak kecil, perlu berfikir ulang untuk keluar dari rumah demi mendapatkan barang yang dibutuhkan saat itu. Atau bila kita telah mencapai lokasi toko ternyata barang tersebut sudah habis beberapa menit yang lalu. Luar biasa proses untuk mendapatkan satu barang kebutuhan saat itu.

tips menjadi ibu yang melek digital

tips menjadi ibu digital

Namun lihatlah sekarang, bandingkan dan rasakan perbedaan jauh yang telah terjadi. Banyak sekal kemudahan-kemudahan yang bisa didapatkan hanya dengan menggunakan posel pintar. Tak ada lagi hambaan macet, kepanasan, lelas di jalan saat kita membutuhkan sesuatu di hari yang sama. Cukup menggunakan salah satu aplikasi layanan pesan antar. Kita cukup memesan satu produk pada aplikasi itu, lakukan pembayaran menggunakan transfer, bayar di rumah saat barang datang atau menggunakan internet banking. Semua bisa diproses dalam waktu yang relatif singkat.

Tak hanya itu, banyak sekali aplikasi pintar yang ditawarkan untuk segmen ibu rumah tangga. Seolah mereka sangat faham akan kesibukan harian para kaum ibu di rumah, maka mereka membuat banyak sekali aplikasi pintar yang disinyalir mampu membantu kesulitan para kaum ibu. Seperti kemudahan mengelola keuangan di rumah. Cukup memasukkan nominal tertentu dan jumlah pengeluaran yang telah dilakukan, aplikasi cerdas akan membantu merekap laporan keuangan sederhana ala ibu rumah tangga. Dengan bantuan aplikasi pada ponsel pintar kita, minimal mengajarkan bahwa penting sekali bagi seorang ibu untuk pandai mengelola keuangannya dengan baik.

Dari penjelasan di atas, maka sudah saatnya seorang ibu untuk melek digital. Mengapa? Berikut ini ada 3 alasan utama mengapa seorang ibu wajib melek digital.

1. Kebutuhan
Ya, sudah menjadi kebutuhan hidup bagi seorang ibu untuk belajar dan mengerti walau sedikit terkait teknologi. Misal, seorang ibu mampu mandiri dan faham terkait proses transfer mentransfer terkait pembayaran bulanan melalui mobile banking.

2. Mendekatkan yang jauh jangan sampai menjauhkan yang dekat
Bagi orang tua zaman sekarang, yang memiliki anak menjelang remaja, tentu sudah tidak asing lagi dengan media sosial. Mengerti akan media dan teknologi yang juga digunakan oleh anak-anak adalah kebutuhan seorang ibu saat ini. Minimal ibu bisa memantau isi media sosial anaknya, misalnya.

3. Terbuka ruang belajar yang sangat luas
Bagi ibu yang hidup di zaman berteknologi tinggi, dimana semua jenis nformasi dengan sangat mudah bisa didapatkan dari satu sentuhan jari di ponsel pintar, maka melek digital menjadi sesuatu yang harus difahami dan dipelajari oleh kaum ibu. Semua jenis dan metode pembelajaran untuk menaikkan kompetensi yang dibutuhkan, dengan sangat mudah ditemukan dii dunia maya. Bagaimana caranya? Rubah diri dengan mau belajar dan mengikuti perkembangan teknologi, sesuai dengan kebutuhan saat ini. Baca juga Tips menghasilkan uang dari Blog.

Tak pernah ada kata terlambat bagi siapapun untuk terus memperbaiki diri. Terlebih lagi bila proses memperbaiki diri itu akan berpengaruh positif pada keluarga. Jadi, tunggu apalagi, yuk, naikkan kompetensi diri dalam memahami teknologi dimulai dari yang paling Anda butuhkan.

foto pexels

(Visited 12 times, 1 visits today)